penampakan bsd city dari ketinggian

Melihat Perkembangan BSD City, Kota Mandiri di Serpong

 

Satu di antara beberapa proyek kota mandiri yang menjadi barometer di dunia properti tanah air adalah BSD City. Sampai saat ini, jika berbicara mengenai township, maka yang terlintas di benak banyak masyarakat adalah BSD City.

Ya, sesuai namanya, BSD terletak di Serpong, Tangerang Selatan. Wilayah ini termasuk strategis, karena menjadi kota satelit penyangga Jakarta.

Selain dekat Jakarta, kota mandiri ini juga dekat wilayah Tangerang dan Depok. Tak heran, perkembangan BSD sebagai kota mandiri tempat berdirinya beragam properti Tangerang terbaik, bisa sangat pesat.

Sampai saat ini, BSD sudah dihuni lebih dari 450 ribu jiwa. Di dalamnya, sudah terdapat 40 ribu unit hunian yang dibangun, 25 hektare yang menjadi green office park, 7 universitas, hingga 46 hektare pusat hiburan dan pusat perbelanjaan.

Adapun total luas lahan dari kota mandiri dengan slogan “Big City, Big Opportunity” ini adalah 6.000 hektare. 

Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai perkembangan proyek township ini dari awal berdirinya sampai sekarang, berikut pembahasannya!

 

Dibangun Sejak 1989 Oleh Ciputra Group

 

Perusahaan pengembang yang menginisiasi pembangunan Bumi Serpong Damai adalah Ciputra. Developer ini mulai mengembangkan kota mandiri BSD sejak 1989. 

Dulu, wilayahnya tidak seperti sekarang. Lahannya merupakan hutan karet yang tak terawat dan tak berpenghuni.

hutan karet

Meskipun ada akses jalan, jalurnya tak beraspal dan gelap gulita lantaran tidak ada lampu penerangan. Jika hujan menerjang, jalan di kawasan Serpong ini langsung digenangi air.

Adalah Ir Ciputra, sosok yang jeli melihat potensi daerah ini. Akhirnya, perusahaan yang didirikan beliau, Ciputra Group, mulai mengembangkan Bumi Serpong Damai.

Sejak awal, Bumi Serpong Damai memang dibuat dengan konsep kota mandiri. Jadi, di dalamnya tak hanya ada perumahan, ada juga fasilitas lain seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga pusat pendidikan.

Lambat laun, proyek township ini terus berkembang. Wilayah hutan karet yang tak berpenghuni akhirnya menjadi kompleks hunian yang modern di masanya.

 

Diakuisisi Sinar Mas Land pada 2003

 

Sayangnya, pengembangan Bumi Serpong Damai sebagai proyek township prestisius sempat terhenti pada 1997-1998. Saat itu, Indonesia memang sedang mengalami krisis moneter.

Hingga akhirnya, kota mandiri ini diakuisisi oleh Sinar Mas Land pada 2003. Dari sini, pengembangan Bumi Serpong Damai mulai kembali menggeliat.

Sinar Mas Land bahkan mengganti nama Bumi Serpong Damai menjadi BSD City, serta membubuhkan moto “Big City, Big Opportunity” seperti yang kita kenal sekarang.

tulisan big city big opportunity

Sumber: startingoverisscary.blogspot.com/2012/09/bsd-big-city-big-opportunity.html

Penggantian nama ini menjadi salah satu usaha Sinar Mas Land untuk menciptakan brand image bahwa BSD City merupakan kota mandiri yang modern dan mewah. 

Dan benar saja, usaha ini berhasil. Sampai sekarang, township ini menjadi salah satu proyek yang memiliki deretan properti mewah dan modern, mulai dari apartemen Tangerang, perumahan, kompleks perkantoran, mal, sekolah internasional, dan masih banyak lagi.

Bahkan, di BSD juga terdapat sejumlah akses transportasi, seperti adanya commuter line, Tol BSD-Bintaro-Pondok Indah-TB Simatupang, hingga shuttle bus gratis.

 

Rekomendasi Terbaik Properti Tangerang di BSD City

 

Saat ini, ada beberapa properti terbaik di BSD. Deretan properti ini cocok untuk Anda yang sedang mencari apartemen atau perumahan Tangerang Selatan untuk dijadikan tempat tinggal atau aset investasi.

Ya, selain memiliki beragam fasilitas mewah dan eksklusif untuk memanjakan penghuni, beberapa properti ini juga berada di lokasi strategis. Semakin strategis letak sebuah hunian, maka nilai investasinya semakin tinggi.

Berikut beberapa rekomendasi terbaik properti di BSD.

 

1. Roseville SOHO dan Suite

roseville soho and suites

Roseville SOHO dan Suite berada di lokasi strategis di BSD, yaitu Sunburst BSD. Dari lokasi properti ini, Anda bisa menjangkau Exit Tol Jakarta-Serpong dalam waktu 5 menit saja.

Roseville merupakan produk properti yang bisa memenuhi kebutuhan tempat tinggal sekaligus kantor. Pasalnya, properti Tangerang ini menawarkan konsep small office home office (SOHO) dan apartemen.

Di area Roseville, terdapat dua tower suites yang memiliki fasilitas ala hotel bintang lima, dan satu tower SOHO dengan fasilitas premium untuk kebutuhan kantor dan bisnis.

Untuk memanjakan penghuni apartemen, terdapat salon, spa, gym, kolam renang, cardio station, children’s waterland, hingga 15 taman tematik. Sementara itu, untuk kebutuhan bisnis, terdapat meeting room luas, semi private lift, hingga 3 dedicated lobbies.

 

2. Casa de Parco

casa de parco

Berikutnya, rekomendasi apartemen di kawasan BSD adalah Casa de Parco. Hunian vertikal ini berada di pusat BSD City yang dekat dengan kawasan Green Office Park. 

Selain dekat pusat bisnis, apartemen Tangerang ini pun menawarkan tempat tinggal asri di ketinggian. Anda yang tinggal di sini bisa menikmati pemandangan sekitar lewat sky terrace dan sky lounge.

Adapun deretan fasilitas di Casa de Parco selain sky terrace dan sky lounge adalah taman tematik, gym, jogging track, kolam renang, kids pool, restaurant, cafe, apotek, hingga minimarket.

Berkat hadirnya fasilitas tersebut, Anda sebagai penghuni apartemen bisa memenuhi beragam kebutuhan hidup di satu area saja.

 

3. Zena

zena

Selanjutnya, rekomendasi properti terbaik di kawasan BSD adalah Zena. Properti ini berada paling dekat dengan distrik bisnis BSD City.

Zena menyuguhkan rumah berkonsep co-living dan shared house dalam kondisi fully furnished. Zena menyediakan rumah dua lantai, di mana lantai satu bisa dijadikan tempat usaha, sedangkan lantai dua menjadi tempat tinggal.

Sementara itu, unit shared house merupakan rumah tiga lantai. Rumah ini memiliki konsep indekos dengan potensi sewa yang tinggi, apalagi letaknya berada di seberang pusat bisnis atau CBD.

 

4. Freja Suites

freja suites

Terakhir, rekomendasi properti terbaik di kawasan BSD adalah Freja Suites. Kompleks hunian ini berada di lokasi premium, di mana terdapat akses langsung dari Jalan Raya BSD Utama.

Di perumahan Tangerang Freja Suites, terdapat rumah berukuran compact dan sudah fully furnished. Setiap rumahnya memiliki sentuhan simpel, natural, dan tangguh.

Meski berada di township yang modern, Freja tetap menyuguhkan lingkungan yang asri. Itu karena developernya berpegang pada prinsip green development yang ramah lingkungan.

Adapun deretan fasilitas di kompleks hunian ini di antaranya adalah community area, taman bermain anak, jogging track, one gate system dengan proteksi 24-hour security, dan CCTV.

Jadi, demikianlah artikel mengenai perkembangan BSD City, kota mandiri di Serpong, beserta dengan beberapa rekomendasi properti terbaik di dalamnya. Bagi Anda yang sedang mencari info properti Tangerang, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Related Post

penampakan kompleks di fortunia residence

5 Apartemen dan Perumahan Tangerang Selatan di Lokasi Prima

fortunia residence

6 Pilihan Perumahan Tangerang Berfasilitas Lengkap

apartemen emerald bintaro

Selangkah Berbelanja, Rekomendasi 5 Apartemen Tangerang Dekat Mal